Cara Install Windows 7 & Membagi Partisi

Standard

Assalmuakum,,

Karena Saya Pernah salah membagi partisi sewaktu install win 7 berikut cara yg bisa dicoba, jngan sampai

salah sebelum kompter atw laptop kalian bermasalah :

Cara Membagi Partisi Pada Saat Proses Installasi Windows 7 / 8

Ok sobat, pada artikel sebelumnya saya sudah sharing mengenai cara install ulang windows 7, untuk langkah-langkahnya sudah saya buat sedetail mungkin dan saya yakin Anda pasti bisa melakukannya, silahkan klik disini untuk membaca postingan mengenai cara install ulang windows 7.
Menanggapi pertanyaan yang di ajukan oleh banyak pengguna  mengenai cara membagi partisi untuk drive C dan drive D yang akan saya jawab pada postingan kali ini. Sebenarnya langkah ini bisa kita lewati, dan kita bisa membagi/membuat partisi ini nanti setelah selesai install ulang melelui menu windows manager.
Tapi karena ada pertanyaan, maka saya akan menjelaskan cara membagi partisi pada saat proses installasi windows 7 / 8 (caranya sama pada window 7 dan windows 8). Langsung saja kita menuju ke langkah-langkah nya, disini anggap saja Anda sudah sapai pada pilihan partisi dan Anda di hadapkan pada partisi yang akan Anda install windows. Coba lihat gambar :
Gambar di atas menunjukkan bahwa Anda memiliki satu partisi, jika terdapat lebih dari satu partisi Anda dapat menghapusnya melalui drive option.
  • Untuk membuat partisi baru, silahkan klik Drive Option, dan perhatikan lagi gambar di bawah ini
Klik NEW untuk membuat partisi yang baru.
  • Selanjutnya setelah Anda klik NEW, Anda harus menentukan berapa besar kapastias drive/partisi yang ingin Anda buat.
Jika Anda ingin membuat partisi dengan ruang kapasitas sebesar 25GB, maka isikan kolom sixe dengan angka 25000. 50000 untuk 50MB, 100000 untuk 100MB-#saran. Jika Anda sudah menentukan kapasitas ruang penyimpanan, silahkan klik Apply. Jika ada peringatan, klik saja OK.
Silahkan format partisi Anda dengan mengeklik Format yang ada di bawah. Formatlah semua partisi kecuali Disk System Reverse
  • Selanjutnnya jika Anda ingin melanjutkan ke proses install ulang windows, klik dan pilih partisi tempat system windows Anda kemudian klik Next. jika ada peringatan klik saja OK.
  • Dan Proses instalasi pun di mulai .
    Proses installasi sedang berlangsung, silahkan tunggu beberapa saat samapi prosses selesai.

    Untuk langkah -langkah install windows 7, sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya yang bejudul Langkah-langkah Cara Install Ulang Windows 7. Dan untuk pembahasan mengenai cara membuat partisi saya rasa hanya itu yang bisa saya jelaskan. jika masih ada yang kurang di mengerti, silahkan tanyakan pada kolom komentar.

——————————————————————————————————————————————————

sumber : http://www.aura-ilmu.com/2013/01/Tutorial-Cara-Menginstall-Windows-7-Dengan-Sempurna.html

Tutorial Cara Instalasi Windows 7

Instal baru dari Awal

Selama instalasi baru / instal ulang Windows 7, sebaiknya menghapus partisi hard drive utama (primary partition) sehingga bersih dan instal Windows 7 dari awal – prosedur ini yang disebut sebagai “Clean Install” atau kadang-kadang disebut “Advanced/Custom install”.

Artikel ini bisa menjadi tutorial cara instal windows 7 dengan baik, benar dan sempurna melalui setiap bagian dari proses instal Windows 7 dengan bersih.

Langkah-langkah yang ditunjukkan merupakan cara yang mengacu khususnya untuk instal windows 7 edisi Ultimate tetapi juga akan berfungsi dengan baik sebagai panduan cara instal ulang windows 7 di setiap edisi termasuk Windows 7 Professional atau Windows 7 Home Premium dan berlaku untuk windows 7 32 bit atau 64 bit.

Detail Lengkap instalasi windows 7

Proses Menginstall

Untuk memulai proses instalasi windows 7, Anda akan perlu boot pertama dari Windows 7 DVD (jika menggunakan Windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk). Untuk tutorial cara instal windows 7 dari flasdisk baca di link ini. Untuk cara instal windows XP Disini.

Langkah-langkah

Berikut Langkah-langkah instal windows 7 Dimulai dengan memilih booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka masukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer / Laptop.

2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)

3. Saat meyalakan Laptop / Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).

cara instalasi windows 7 booting komputer
Contoh Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merk , Cari Boot

instal windows 7 setup menu
Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk sesuai keinginan, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk

instalasi windows 7 setup menu ke CD
Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD
Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.

cara install windows 7 exit setup menu
4. Mulai Proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi)

cara instal windows 7 booting komputer dari DVD

5. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun

cara instal windows 7 loading file
cara instal windows 7 memulai proses
6. Pilih English, Klik Next

cara instal windows 7 memilih setelan bahasa
7. Klik Install Now

cara instal windows 7 mulai
8. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next

cara instal windows 7 persetujuan
Proses Segera Dimulai

cara instal windows 7 start
9. Pada Langkah ini, sangat penting, penting, dan penting, Klik Custom (advenced) – Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.

cara instal windows 7 advanced
10. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.

Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:

Catatan: Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak terdeteksi).

cara instal windows 7 pengaturan partisi
11. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C:

Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di D: atau E:

Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK – OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya

cara instal windows 7 delete partisi
12. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New

Kemudian Klik OK – OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk)

cara instal windows 7 memilih dan membuat partisi
13. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next

cara instal windows 7 partisi baru
Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis.

Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya

cara instal windows 7 transfer file
Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis.

Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.

cara instal windows 7 restart otomatis
14. Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, kan dah dicabut).

cara instal windows 7 booting dari DVD
Biarkan saja, jangan klik apapun

cara instal windows 7 mulai melanjutkan
cara instal windows 7 update registry setting
cara instal windows 7 setup starting
15. Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh.

cara instal windows 7 menyempurnakan
Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.

cara instal windows 7 continue
cara instal windows 7 restart kembali
cara instal windows 7 preparing komputer for the first use
16. Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next

cara instal windows 7 memasukan nama untuk komputer
17. Ga usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next

cara instal windows 7 memasukan password
18. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.

cara instal windows 7 memasukan kode
19. Klik Use recommended settings

cara instal windows 7 recommended setting
20. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next

cara instal windows 7 pengaturan waktu

Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna

Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan, tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai, Bertanya kepada yang lebih mengetahui.

cara instal windows 7 telah berhasil
Catatan: Biasanya dan memang wajib, setiap selesai instal windows 7 sebaiknya instal juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (yg berhubungan dgn driver sesuai merknya), biasanya ada CD / DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop / Komputer, kalo tidak ada harus download.

Namun Pada beberapa Merk Laptop, biasanya tidak perlu juga karena sudah terintegrasi dengan Windows 7. “Driver” harus di instal supaya Laptop / Komputer berjalan dengan semaksimal mungkin.

13 responses »

  1. 1. Saya ada masalah kalo itu kita bantu duluh mintah tolong, kenapa kita install ke pilih partisi itu kosong itu masalah apa……?
    2. dan cara bagaimana kita masuk PC lain pake password cara bagaimana kita tahu password Itu

    • 1. kalau patisi kosong biasanya , partisi pada hardisk tidak terdetek atau hardisk rusak,,cek kembali menggunakan hardisk lain yg normal, atau sudah pernah terinstall ,,
      2. cara masuk pc lain dengan menggunakan F8 pada saat booting ( start up ) ketika start up langsung tekan f8 pada keyboard , kemudian biasanya masuk menu save mode, nah di menu inilah kita bisa masuk tanpa menggunakan password login,.selamat mencoba,,

  2. Hai.. salam kenal, artikelposting nya keren sekali, sangat inspiratif dan membuat saya bersemangat untuk terus mem posting update blog. semog ilmunya berkah utk se-mua generasi muda. trimakasih

  3. Gan mau nanya pas ngehapus partisi yg dihapus itu partisi C: yg lama sama systemnya? trus pas diklik di partisi yg unlocated ko keluar 2 partisi baru, mohon penjelasanya:D

    • ow ia,,itu ga apa”, itu hanya patisi sepeti bayangan,..coba liat kapasitasnya, pasti hanya ukuran MB ( megabyte ), bukan Gb ( Gyga Byte ) ,
      biasanya hanya berukuran 100 Mb, atau lainya,.hal ini terjadi di win 7, sebagai partisi yg dibutuhkan system win 7 tapi
      biar ga salah sewaktu install perhatikan pastisi yg untuk C ,,jngan sampai tertukar/ salah ,
      biasanya untuk C ada keterangan Logical ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s