Cara Memperkecil ukuran Ukuran foto dengan photoshop bag.2

Standard

Pernah kesulitan untuk memperkecil ukuran gambar padahal perlu untuk menguploadnya karena suatu hal? Aku pernah ngerasain seperti itu, waktu itu mau upload gambar dan beberapa file hasil scan  untuk melamar kerjaan via online. Hasilnya bingung karena sizenya terlalu besar dan bila diperkceil sampai dengan ukuran  yang ditetapkan hasil gambarnya pecah dan malah tidak keliatan apa-apa. Sebenarnya mudah saja asalkan anda punya sofware Adobe Photoshop versi apa saja atau program-program gratis yang banyak beredar di Internet. Sebenarnya cara ini bukan hanya sekedar untuk keperluan lamaran kerja saja, bagi anda yang suka ngeblog dan berselancar kadang kalanya ingin mengupload hasil jepretan anda ke dunia maya namun terkendala dengan size yang amat teramat besar seperti gambar yang dihasil oleh kamera SLR. Nah ini merupakan  salah satu cara mensiasatinya. Okey kali ini aku make adobe photoshop jadul yaitu yang versi CS2

Pertama-tama buka dulu file yang ingin dikecilkan, saya sarankan cari file yang size nya sangat besar disini untuk membuktikan keefektifan cara ini.

 

memperkecil gambar

memperkecil gambar

Lalu buka menu Image dan pilih image size

cara memperkecil gambar

cara memperkecil gambar

Maka tampilan selanjutnya akan muncul pop up seperti yg terlihat dibawah ini

cara memperkecil gambar

cara memperkecil gambar

Kemudian ganti pixel itu dengan persen, terserah anda mau menggantinya berapa tapi aku sarankan jangan kurang dari 50% karena nanti hasilnya akan terlihat jelek bila dibawah angka tersebut. Bila sudah tekan OK.

Nah disini size gambar sudah menurun namun itu belumlah cukup. Sekarang pilih menu File dan cari Save for Web dan disamping kanan ada beberapa pilihan seting semua menjadi low lalu save gambar tersebut.

cara memperkecil gambar

cara memperkecil gambar

cara memperkecil gambar

cara memperkecil gambar

Sekarang anda tinggal menge-chek kembali apakah gambar tersebut sudah berbeda dari size semula dengan klik kanan file terebut dan pilih properties

Tips: bila Ukuran gambar belum juga sesuai dengan ketentuan yang bisa anda lakukan anda harus mengutak-atik di bagian image size, silahkan turunkan persen gambarnya.

Semoga bermanfaat

sumber : http://aditkus.wordpress.com/2010/11/08/cara-memperkecil-size-gambar-dengan-adobe-photoshop/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s