Cara Menaruh angka 0 ( nol ) di depan pada ms.Excel

Standard

         sumber :

http://excelux.wordpress.com/2010/02/14/menaruh-angka-0-nol-di-depan-angka-dalam-excel/

 

 

Ada yang search di google permasalahan di atas dan akhirnya nyampe ke blog saya. Tapi maaf ya apa yang anda cari saat itu belum ada, jadi ini saya post tips “Menaruh Angka 0 (Nol) di Depan Angka Dalam Excel” yang semoga berguna untuk membantu temen-temen yang punya masalah serupa.

Dulu saya juga mengalami masalah tersebut, yaitu buat nulis NPM mahasiswa karena NPM awalnya 0 seperti 0602007215. Ya memang kalau ditulis angka 0602 maka di Excel akan muncul 602, karena ya memang begitu penulisan angka. Nah cara pertama yang bisa digunakan adalah menambahkan tanda ‘ sebelum 0602. Jadi kita tulis ’0602 maka di tampilan Excel akan muncul 0602. Cara ini mengakibatkan angka tersebut dianggap teks oleh Excel sehingga tidak bisa digunakan untuk menjumlah, kurang, kali, bagi atau operasi bilangan lainnya. Dan repotnya kalau kita sudah copy data dari tempat lain terus nolnya jadi hilang, kan ga mungkin kita ngetik satu-satu, capek deh. (Ga segitunya juga sih, misal data di A1, B1, dst bisa pake rumus ini di A2 (=”0″&A1) lalu copy rumus itu ke bawah lalu copy hasilnya lalu paste special value only buat nimpa data asli. Jadi deh ada tambahan 0 (nol) sebanyak satu di depannya.
Cara kedua dengan memformat cellsnya. Caranya anda blok semua yang ingin anda beri tambahan 0 (nol)
lalu klik kanan lalu pilih format cells. Di bagian Number (yang paling kiri) pilih Custom lalu di bagian Type ketikkan “0″0 atau 00#. “0″0 akan membuat setiap angka yang anda miliki akan ditambah satu angka 0 (nol) di depannya. 00# akan membuat bahwa angka yang anda punya minimal ada 3 digit jadi jika angka anda 2 maka ditampilkan 002, jika angka anda 25 ditampilkan 025 jika lebih dari seratus ya berarti tidak ada perubahan. Jika anda ingin minimal 5 digit (25 menjadi 00025) maka anda ketikkan 0000#. Lihat tabel di bawah untuk mengetahui perbedaan format-format di atas.

Dengan mengubah format maka angka yang anda miliki tetap berupa angka sehingga bisa dijumlahkan, dikali atau operasi matematika lainnya.

Semoga bermanfaat.

Recommended Posts
Mengunci Panjang Karakter di Excel
Merapikan Data Excel Dengan Cepat – Maksimalkan Find & Replace plus WildCard Character
Mengubah/Membuat Angka Menjadi Tulisan Huruf/Teks
Edu-Game Keyboard Huruf Hijaiyah
Shortcut Keyboard untuk Excel
Mencari Rata-rata Tanpa Mengikutkan Angka 0 (atau Error)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s